Instalasi Linux Debian Sarge

 

1. Langkah pertama yang dilakukan adalah setting first boot pada CDROM.setelah selesai mengkonfigurasinya save dan restart kembali komputer dan masukan CD OS Debian.

2. Komputer akan langsung melakukan proses booting pada CDROM dan apabila booting berhasil akan muncul tampilan boot dari CD Debian.Tekan enter untuk melakukan proses installasi secara normal.

3. langkah selanjutnya akan muncul kotak dialog untuk memilih bahasa yang nantinya akan berpengaruh pada pada layout keyboard.pilih En_Us(English United States) lalu tekan enter.

4.muncul kotak dialog untuk memilih layout keyboard atau kmap yang akan digunakan pada keyboard,pilih American English, tekan enter.

5.komputer akan melakukan proses detecting hardware,component dari debian,installer dan configurasi network

6.muncul kotak dialog untuk pilihan apakah akan menggunakan DHCP.pilih NO,tekan enter.

7.langkah selanjutnya melakukan konfigurasi jaringan,sebagai berikut:

IP Address : 192.168.4.1

Netmask : 255.255.255.0

Gateway : 192.168.4.254

Name server :Server

Host name :jamblang

Domain name :www.tkj.com

8.setelah proses konfigurasi jaringan selesai akan muncul kotak dialog pilihan untuk Partisi,terdapat dua pilihan apakah akan menggunakan seluruh hardisk secara otomatis atau manual.pilih manual, tekan enter.

9.kemudian tampil tabel partisi, hapus semua partisi dengan cara pilih partisi yang akan di hapus lalu tekan enter dan pilih opition delete, tekan enter.

10.buat partisi baru untuk mount point /(root),/home,/var,/usr,/tmp dan swap,dengan cara:blok partisi kosong lalu tekan enter. pilih create new partition lalu tentukan besarnya kapasitas yg akan digunakan. untuk root tipe partisi yang digunakan adalah primary dan yang lainnya logical. pilih partisi apakah akan disimpan diawal atau diakhir, pilih beginning.pada partition setting pilih usage method dan tekan enter.pilih format the partition,enter.pilih file system pada partition setting dan pilih ext3 journaling system. pilih mount point pada partition setting dan tentukan mount point untuk partisi tersebut.untuk mount point root aktifkan boottable flag lalu pilih done setting up the partition pada partition setting, tekan enter.lakukan proses diatas untuk mount point yang lainnya untuk swap terdapat pada menu file system.setelah selesai pilih finish dan tekan enter.

11.muncul kotak dialog untuk pilihan apakah anda siap untuk membuat file system dan partisi jika setuju pilih option YES tekan enter.

12.kemudian muncul kotak dialog untuk memilih dimanakah boot loader akan di install (hd0) tekan enter.

13.langkah selanjutnya komputer akan melakukan proses install dan CD akan keluar secara otomatis kemudian muncul kotak dialog untuk restart PC.

14.setelah proses restart muncul tampilan bootloader tekan enter untuk langsung masuk pada linux.

15.muncul tampilan apakah anda akan mensetting waktu sesuai dengan GMT, pilih NO.tekan enter

16.Kemudian akan muncul kotak dialog untuk memilih/ mengatur zona waktu, jika tidak ada pada pilihan, pilih other untuk mendapatkan pilihan yang lebih banyak, pilih Asia tekan enter, kemudian pilih Jakarta tekan enter.

17.Selanjutnya akan muncul kotak dialog untuk mengisi root password, jika sudah mengisi tekan enter. Kemudian system akan meminta kembali password root sebagai bahan validasi, tekan enter.

18.Selanjutnya akan muncul kotak dialog untuk mengisi full name user, jika sudah mengisi tekan enter.

19.Selanjutnya akan muncul kotak dialog untuk mengisi user name, jika sudah mengisi tekan enter.

20.Selanjutnya akan muncul kotak dialog untuk mengisi password user, jika sudah mengisi tekan enter.

21.Setelah selesai muncul kotak dialog pemilihan dimanakah akan mengakses apt, pilih CDRom tekan enter.

22.Muncul kotak dialog CD Rom Device File, isi dengan /dev/cdrom lalu tekan enter. dan muncul kembali tampilan yang menanyakan apakah anda ingin menambahkan sumber apt yang lain, pilih NO tekan enter.

23.Muncul tampilan apakah anda ingin menggunakan fasilitas update dari security.debian.org, pilih NO karena belum terkoneksi ke internet, tekan enter.

24.Muncul kotak dialog Debian Base System configuration, pilih Select package to install dan tekan enter (untuk memilih paket paket yang akan diambil).kemudian muncul kotak dialog software selection method pilih tasksel-quickly choose from predefined collections of software tekan enter.

25.Kemudian akan muncul configurasi paket yang ingin di install, tandai semua paket yang ada dengan mengunakan space bar untuk select, setelah selesai untuk finish tekan F.

26.Maka akan muncul kembali kotak dialog Debian base system configuration, pilih Install 
package pada consoloe akan muncul teks perintah untuk memasukkan CD Debian, jika sudah tekan enter.

27.Setelah selesai proses instalasi kita bisa login dengan pilihan Login to ashell
PROSES INSTALASI OS DEBIAN SELESAI

0 komentar:

Posting Komentar

 

Adib Freeze © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers